Jakarta – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Pimpinan dan pengurus Badan Musyawarah (Bamus) Suku Betawi 1982, mengumumkan nama-nama yang akan diusulkan kepada para pimpinan partai politik, sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta.

“Nama-nama yang diusulkan diantaranya adalah, Marullah Matali, Luthfi Hakim, Zainuddin, Dailami Firdaus dan Moh. Ihsan,” ujar Ketua Umum Bamus Suku Betawi 1982, Zainuddin, dalam jumpa pers dengan tema “Suku Betawi Menyongsong Sukses Pilkada 2024 di Jakarta”, di Hotel Tavia Heritage, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Minggu (7/7/2024).

Menurutnya, usulan nama-nama ini lahir dari hasil konsultasi, dengan para sesepuh dan tokoh adat, dalam rangka menyongsong sukses Pilkada 2024. Mereka menekankan bahwa usulan tersebut harus dipandang, demi keberlanjutan peradaban Betawi, yang telah ada turun-temurun sejak 3.000 tahun lalu.

Ia mengatakan, Suku Betawi yang merupakan salah satu suku asli Nusantara dengan jumlah sekitar 7 juta jiwa, kini berada pada urutan keenam dari 1.340 suku di Indonesia. “Di Jakarta sendiri, suku Betawi menempati urutan kedua, dengan jumlah sekitar 3 juta jiwa, atau 27% dari total populasi ibu kota,” katanya.

Ia menilai, dalam sistem demokrasi Indonesia, suara suku Betawi memiliki peran yang sangat menentukan, dalam pemilihan presiden (pilpres), pemilihan legislatif (pileg), dan pemilihan kepala daerah (pilkada).

“Hal ini menjadi semakin relevan, setelah disahkannya UU Nomor 2 Tahun 2024, tentang Daerah Khusus Jakarta (DKJ), yang menegaskan kedudukan suku Betawi sebagai Putra Asli Daerah, dan menempatkan budaya Betawi sebagai prioritas, bersama suku-suku lain yang tinggal di Jakarta,” katanya.

Dengan kedudukan tersebut, lanjutnya, suku Betawi kini memiliki hak untuk mendapat ruang, dan pelibatan langsung dalam spektrum politik dan pemerintahan.

“Semangat “Vox Betawi Vox Dei, No Betawi No Party” menjadi seruan utama dalam upaya ini, menegaskan bahwa suara Betawi adalah suara Tuhan, dan tanpa Betawi tidak ada pesta demokrasi,” katanya.

Ia juga menegaskan pihaknya akan berkontribusi aktif dan memastikan budaya serta nilai-nilai Betawi tetap terjaga di ibu kota.

“Melalui usulan ini, suku Betawi berharap dapat berperan lebih, dalam menentukan arah masa depan Jakarta, serta memastikan budaya dan nilai-nilai Betawi tetap terjaga, dan dihormati dalam setiap aspek kehidupan di Ibu Kota,” ucapnya.

Temukan juga kami di Google News.